Dewan Penggalang

Dewan Penggalang (DP) MTsN Sleman Kota sudah ada sejak tahun 2008 atau tiga tahun (?) yang lalu. Tujuannya mendidik para siswa agar menjadi pelajar yang patriotik (cinta tanah air), menciptakan pelajar yang memiliki jiwa kepemimpinan, melatih hidup disiplin, mengembangkan keterampilan, membiasakan etika dan kehidupan sosial yang harmonis. Saat ini Dewan Penggalang MTsN Sleman Kota di bawah pembinaan Bapak Drs. M. Ali Nursalim, M.Pd.I, Bapak Juwarno, Kak Tika, dan Kak Ratna.

Kegiatan latihan rutin Pramuka diikuti oleh 256 anggota yang terdiri dari 40 Dewan Penggalang (DP)_penyebutan singkatan cukup di awal dan 216 siswa. Dengan materi yang diajarkan, seperti: berbaris, tata upacara, menyanyi, menjadi dirijen, kode kehormatan, isyarat/sandi, mendirikan tenda, cara berpakaian, isyarat morse, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), lambang gerakan pramuka, koordinasi kegiatan, penjelajahan, hasta karya, tali-temali, berbaris menggunakan tongkat, menggunakan drakbar, cara merawat tenda, menggunakan peta dan masih banyak lagi.

Prestasi yang pernah diraih oleh para peserta ketrampilan ekstra ini di antaranya adalah Jambore Nasional di Cibubur, Jakarta yang diwakili oleh Mbak Widiana, juara prestasi kemah budaya di Yogyakarta diwakili oleh Mas Piki dan kawan-kawan.

Perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan DP di antaranya adalah tongkat, tali, pasak, amer, stopwatch (jam), bola (besar dan kecil), ember kecil, baskom besar, tambang, ban, peluit, lilin dan lain-lain.

Kegiatan DP dilaksanakan di sekolah setiap hari sabtu pukul 12.00 WIB sampai selesai. Kegiatan ini banyak kendala yang dihadapi seperti cuaca yang tidak menentu, jam pelajaran yang bergeser dengan les/ulangan sabtu bersama, dan peserta yang tidak semua mampu membawa alat yang ditugaskan.

Saran untuk para siswa dari pembina adalah supaya siswa menegakkan disiplin, meningkatkan kerajinan, dan menjaga kesopanan. Pembina juga berharap(an) agar anak-anak bisa melaksanakan kegiatan ini dengan baik, senang, dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Kesan pembina dalam kegiatan ini adalah merasa senang dan merasa bangga sekali.
Manfaat yang dapat diperoleh oleh siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah bisa menjadi anak yang berkompeten, memiliki jiwa kepemimpinan, beretika, spoan (sopan), disiplin dan lain-lain.

Tulis tanggapan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.