Menggali Potensi untuk Beprestasi

Oleh: Budi Hartatik, S.Pd, guru PPKn MTsN 4 Sleman

Setiap anak memiliki potensi diri yang berbeda–beda. Dengan potensi diri tersebut, anak akan mampu berprestasi. Daya potensi yang dimiliki seorang anak harus terus digali. Dengan daya potensi yang terus dikembangkan maka anak akan memiliki kemampuan untuk berkreasi dan berinovasi. Kreativitas dan inovasi seorang anak akan terus berkembang dengan cara belajar dan berlatih secara terus –menerus sehingga kelak potensi anak penuh kreativitas dan inovatif.

Potensi merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar terwujud prestasi. Potensi bisa juga dikatakan sebagai bakat. Potensi atau bakat seseorang berbeda–beda. Misalnya seseorang berbakat melukis. Hal ini di tandai dengan sewaktu kecil suka corat–coret dan saat di sekolah suka menggambar.

Potensi sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari–hari dan dalam meraih cita–cita. Oleh karena itu kita perlu mengenal potensi diri sedini mungkin, agar kita dapat mengembangkan secara maksimal. Dengan potensi diri tersebut anak akan mampu berprestasi. Setiap orang dapat berprestasi yaitu sesuai dengan usaha dan kemampuan yang dimilikinya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan peserta didik belum maksimal prestasinya, yaitu: kurang memiliki motivasi dalam belajar, tidak memiliki cita–cita yang mantap, kurang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dan lingkungan hidup sehari–hari yang kurang mendukung.

Motivasi merupakan faktor yang memegang peranan penting. Ada beberapa cara untuk meningkatkan motivasi yaitu: meningkatkan rasa keingintahuan dan perhatian terhadap sesuatu, meningkatkan kepercayaan diri dan belajar dari pengalaman keberhasilan orang lain.

Setelah memiliki motivasi yang besar maka kita akan dapat berprestasi di segala bidang sesuai dengan potensi atau kemampuan dirinya. Motivasi dibutuhkan semua orang untuk melakukan pekerjaan di segala bidang sehingga mencapai prestasi yang tinggi. Keberhasilan dan kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh prestasi diri, tetapi juga motivasi yang kuat .

Oleh karena itu sebagai pelajar tanamkan motivasi yang kuat dalam diri kalian untuk meraih kesuksesan demi masa depan dan berguna untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

Agar kita memiliki prestasi diri yang optimal, kita perlu melaksanakan hal–hal berikut: memiliki wawasan pendidikan, memiliki cita–cita, berpikir kritis dan kreatif, adanya peluang untuk melakukan kegiatan, memiliki sikap kompetitif dan sikap siap untuk meraih keunggulan.

Orang yang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi adalah orang yang memiliki semangat, perencanaan yang matang dan bertanggung jawab serta terbuka dengan masukan. Do’a dan usaha adalah satu paket terbaik meraih prestasi.

Tulis tanggapan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.