Peran Sekolah Adiwiyata

a

Oleh: Istrimah, S.Pd, Waka Humas dan guru IPS MTsN 4 Sleman

Salah satu tujuan pendidikan adalah  untuk menjadikan manusia menjadi lebih baik. Pendidikan tidak hanya sekedar transfer ilmu pengetahuan tetapi juga membentuk karakter, seperti: religius, disiplin, tanggungjawab, kerjasama, mandiri juga peduli lingkungan.

Sebuah sekolah yang menjadi sekolah adiwiyata (sekolah berwawasan lingkungan) dapat menjadi media pembelajaran sekaligus membentuk karakter peserta didik.

          Sekolah adiwiyata merupakan laboratorium alam bagi peserta untuk untuk belajar tentang lingkungan. Di dalamnya dapat belajar tentang berbagai jenis tumbuhan, ikan, juga burung. Apalagi jika sekolah mempunyai hutan mini, maka dapat juga dijadikan sebagai media pembelajaran.

Selain flora dan fauna, peserta didik juga dapat belajar tentang perilaku hidup sehat  dan jajanan yang sehat. Dapat juga belajar tentang pemanfaatan air dan penghematan energi.

          Selain sebagai media pembelajaran, sekolah adiwiyata dapat dijadikan sebagai media pembentuk karakter peserta didik. Melalui sekolah adiwiyata dapat membentuk karakter religius. Peserta didik diajak untuk selalu bersyukur atas segala jenis tanaman yang ada di sekolah.

Dapat juga membentuk karakter tanggungjawab. Misalnya setiap kelas diberi tanggungjawab untuk menyiram dan merawat tanaman yang ada di depan kelas masing-masing, mematikan alat-alat yang menggunakan energi listrik jika sudah tidak terpakai.

Membentuk karakter disilpin,  setiap kelas dibentuk piket kelas. Petugas piket harus melaksanakan tugas piket sesuai jadwalnya.

          Begitu banyaknya manfaat sekolah adiwiyata, baik sebagai media pembelajaran maupun pembentuk karakter. Maka marilah kita jaga lingkungan sekolah kita agar selalu bersih, sehat, dan terawat. Mari kita wujudkan sekolah kita sebagai sekolah adiwiyata.

Tulis tanggapan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.